Tips Wawancara Kerja

tips wawancara kerja

tips wawancara kerja

Tips wawancara kerja – Pengalaman menunjukkan, surat lamaran yang optimis tidak selalu menunjukkan bahwa pelamarnya juga sama optimisnya.. Ketika pewawancara menanyakan hal yang sederhana.,banyak pelamar menatap pewawancaranya dengan bingung lalu seketika menjadi tak percaya
diri.

Berikut ini adalah beberapa Tips Wawancara Kerja Yang Baik yang didapat dari beberapa sumber, yang mungkin bisa membantu anda untuk mempersiapan diri sebelum wawancara pekerjaan.

Kalau anda dipanggil untuk wawancara, maka persiapkan diri dengan baik. Rasa percaya diri akan menunjukkan bahwa anda menjadi diri sendiri. Pewawancara tidak butuh jawaban yang basa-basi,

Pada kesempatan pertama, pewawancara biasanya ingin melihat bagaimana si pelamar menghargai diri sendiri. Sebab itu, buatlah beberapa hal tentang kemahiran anda, hal-hal yang anda sukai dan inginkan untuk masa depan anda. Setelah menemukan hal-hal yang menarik untuk dikemukakan, berlatihlah mengemukakan semua itu dalam sebuah jawaban singkat yang cerdas dan optimis.

Hati-hati pertanyaan jebakan

Siapapun idealnya, seseorang tidak suka menjawab pertanyaan-pertanyaan yang memojokkan. Tetapi begitulah kenyataannya ketika anda diwawancarai. Seringkali banyak hal tidak terduga yang dilontarkan si pewawancara dan membuat anda seringkali kelepasan bicara.

Yang terpenting dalam menjawab pertanyaan  adalah taktis. Jangan pernah memberi jawaban yang menjelekkan tempat kerja saudara yang lama atau apapun yang konotasinya negatif. Lebih baik kalau saudara menjawab “saya menginginkan suasana kerja yang teratur dan terjadwal.

Mengenai gaji, sebenarnya di tempat kerja yang lama tidak ada masalah, tetapi tentu saya senang kalau ada peluang untuk peningkatan gaji.” Atau kalau saudara ditanya tentang kelemahan saudara, lebih baik tidak menjawab “saya sering telat dan lupa waktu.” Tetapi jawablah lebih taktis, misalnya “kadang saya memang pelupa, tetapi beberapa waktu ini sudah membaik karena saya selalu mencatat segalanya di buku agenda.” atau
“saya sering kesal kalau kerja dengan rekan yang lamban, tetapi sebisanya kami berdiskusi bagaimana caranya menyelesaikan kerja dengan lebih cepat”.

Pakai Busana Sesuai Budaya Kantor,

Dalam wawancara kerja, penampilan memang bukan nomor satu tetapi
menjadi pendukung yang ikut menentukan. Karena itu berpakaianlah yang
rapi, dan tidak seronok, tunjukkan bahasa tubuh yang baik. Jangan pernah melipat  tangan di dada pada saat wawancara, karena memberi kesan bahwa saudara seorang yang kaku. Idealnya, tangan dibiarkan bebas untuk mengekspresikan kata-kata, tentu saja dengan tidak berlebihan.

Selama wawancara berlangsung, buatlah kontak mata sesering mungkin. Pelamar  yang sering membuat kontak mata menunjukkan keinginan untuk dipercaya  serta kesungguhan memberikan jawaban. Berbicara dengan santai dan sesekali tersenyum menunjukkan bahwa saudara pribadi yang hangat. Umumnya, perusahaan menyukai pelamar yang menyenangkan. Kurangi kata-kata “saya merasa…” atau “saya kurang…” dan sebaiknya gunakan “saya pikir…”, “menurut pendapat saya..”, “saya yakin…”, “saya optimis…”. Kata-kata “saya merasa …” atau “saya kurang…” mengesankan saudara lebih sering menduga, menggunakan perasaan, tidak terlalu percaya diri dan tidak menguasai persoalan.

Berapa gaji yang saudara minta ?

Pada umumnya perusahaan sudah mempunyai rentang standar gaji untuk jabatan-jabatan yang ditawarkan. Bagi pelamar untuk posisi yang lebih tinggi dan langka biasanya memiliki kekuatan tawar menawar yang lebih tinggi, sehingga dalam menjawab pertanyaan tersebut anda harus memperoleh gambaran terlebih dahulu tentang gaji yang akan anda terima dalam setahun.

Dalam menjawab pertanyaan tersebut jawablah gaji yang anda harapkan setahun berdasarkan harga pasar yang sesuai untuk jabatan tersebut serta nilai tambah yang saudara miliki. Jawablah dengan diplomatis: “Saya berpendapat perusahaan ini pasti sudah mempunyai standar imbalan bagi jabatan ini”

Itulah beberapa  Tips wawancara kerja untuk mempersiapkan diri sebelum wawancara di perusahaan idaman anda.

Pencarian Tips Wawancara Kerja



Artikel Tips Wawancara Kerja

loading...
Tips Wawancara Kerja | admin | 4.5