Tips Meminta Kenaikan Gaji

Tips meminta kenaikan gaji – Jika anda merasa gaji anda merasa kurang tapi anda merasa takut untuk meminta kenaikan gaji pada atasan, berikut ini kami akan menyajikan tips meminta kenaikan gaji:

tips meminta kenaikan gaji

tips meminta kenaikan gaji

  • Berkala atau Prestasi

Kenaikan gaji secara berkala merupakan kebijakan perusahaan dan biasanya tanpa diminta. Jadi, tanpa usaha pun karyawan pasti mendapatkannya. Gaji berkala ini selain melihat masa kerja, juga dipengaruhi kebijaksanaan pemerintah berhubungan dengan kenaikan harga bahan pokok dan BBM, sehingga berpengaruh pada biaya operasional para karyawan.

Selain secara berkala, kenaikan gaji juga dilakukan perusahaan berdasarkan prestasi atau kinerja yang dicapai karyawan, dan ini biasanya dilakukan secara obyektif.

  • Perhatikan Kondisi

Meminta kenaikan gaji, sah-sah saja dilakukan. Lagipula, belumpernah terdengar seorang karyawan dipecat hanya gara-gara meminta kenaikan gaji.” Pertanyaannya, kapan sebaiknya seorang karyawan meminta kenaikan gaji? “Sebaiknya permintaan kenaikan gaji diajukan ketika sudah bekerja cukup lama dan tidak ada peningkatan gaji, sementara ia merasa telah memberikan kontribusi besar, berprestasi, dan loyal pada perusahaan.

Yang juga harus dicermati, permintaan kenaikan gaji harus dilakukan pada waktu yang tepat, yaitu pada saat kondisi keuangan perusahaan stabil atau semakin maju. Semakin kita mempersiapkan strateginya dengan baik, resiko kegagalannya pun lebih sedikit.

  • Harus Berani

Tips meminta kenaikan gaji yang satu ini harus didukung dengan mental yang kuat. Ketika berhadapan dengan atasan, karyawan menjelaskan maksud meminta kenaikan gaji secara lugas. “Jangan bertele-tele dan melebar ke pembicaraan lain. Juga jangan membandingkan besaran gaji yang diterima pihak lain dengan posisi yang sama dengan Anda di perusahaan sejenis sebagai strategi untuk meminta kenaikan gaji. Tentu, permohonan naik gaji tak selalu dikabulkan. Ada beberapa kendala yang sering muncul dan menggagalkan permohonan kenaikan gaji, misalnya perusahaan belum memiliki parameter penilaian karya yang jelas dan obyektif, sehingga yang timbul adalah penilaian dari atasan.

Faktor keberanian juga bisa jadi penghambat. Misalnya, karyawan takut melakukan negosiasi permohonan kenaikan gaji pada atasan karena takut dimarahi, atau bahkan takut hasilnya justru berbalik dan hubungan kerja dengan atasan menjadi terganggu.

  • Buat Perkiraan

Bagaimana dengan jumlah kenaikan yang sebaiknya diajukan? Sebelum menghitung besaran gaji yang Anda harapkan, ada baiknya Anda mengetahui lebih dahulu rata-rata salary  dengan tingkat pengalaman dan keahlian seperti Anda di perusahaan sejenis.

Anda juga perlu mengetahui standar gaji dengan posisi yang sama dengan Anda di perusahaan. Setelah itu, baru bisa ditetapkan berapa persen kenaikan yang Anda harapkan.  Yang jelas, jangan menyebut kebutuhan finansial yang kurang sebagai alasan meminta kenaikan gaji.

Semoga tips meminta kenaikan gaji ini bermanfaat untuk anda.

Pencarian Tips Meminta Kenaikan Gaji



Artikel Tips Meminta Kenaikan Gaji

loading...
Tips Meminta Kenaikan Gaji | admin | 4.5