Pertanyaan Yang Sering Muncul Saat Wawancara Kerja Dan Cara Menjawabnya

contoh daftar pertanyaan wawancara kerja dan jawaban

contoh daftar pertanyaan wawancara kerja dan jawaban

Pertanyaan Yang Sering Muncul Saat Wawancara Kerja Dan Cara Menjawabnya – Bagi seorang pelamar kerja, wawancara kerja merupakan suatu hal yang sangat mendebarkan dan menjadi momok yang  menakutkan saat menghadapinya, karena proses ini menentukan diterima atau tidaknya si pelamar di perusahaan tersebut. Beberapa pelamar juga sering merasa kurang puas atas jawabannya sendiri di saat test wawancara itu selesai. Dan ia berkata “seharusnya saya tadi menjawab begini”.

Kurangnya persiapan disinyalir menjadi penyebab kegagalan wawancara kerja yang anda hadapi. Untuk itu kenali beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pihak pewawancara. Berikut ulasannya

Deskripsi diri anda

Pertanyaan yang sering muncul di awal wawancara kerja adalah tentang diskripsi diri anda. Tujuan pertanyaan ini tak lain adalah untuk mengetahui sejauh mana kecakapan anda dalam berkomunikasi atau mendeskripsikan suatu hal. Selain itu pertanyaan ini juga merupakan kunci memikat hati pewawancara agar lebih antusias dengan wawancara ini. Untuk mengatasinya, susunlah jawaban yang ringkas selama 5 menit saja.Jadi siapkanlah materi dan mental anda terlebih dahulu agar proses pertama ini berjalan lancar

Kelebihan dan kekurangan

Yang kedua mengenai kelebihan dan kekurangan anda. Mungkin soal kelebihan tak akan membuat anda kesulitan dalam menanggapinya.Namun soal kekurangan, bisa jadi membuat anda kesulitan. Tentu anda tak ingin pewawancara melihat kekurangan  anda, disisi lain anda juga tak mau berbohong saat wawancara dengan mengatakan tidak mempunyai kelemahan.Untuk mengatasi pertanyaan ini, ceritakan saja mengenai kelemahan anda yang berhubungan dengan pekerjaan yang anda lamar. Namun hal ini membutuhkan kecakapan tanpa cela. Cara kedua adalah dengan menjadikan kelebihan anda menjadi kekurangan. Misalnya anda terlalu fokus terhadap suatu pekerjaan atau anda terlalu cepat menyelesaikan pekerjaaan hingga anda menjadi seorang yang perfeksionis dalam melakukan pekerjaan.

Berapa Gaji yang Anda Inginkan?

Perlu anda ketahui, berbagai perusahaan kini lebih terbuka soal negosiasi gaji. Untuk menghadapi pertanyaan ini,hindari jawaban “terserah”. Jawaban ini menunjukkan bahwa anda seorang yang tidak memiliki komitmen. Anda bisa lihat pada saya sebelumnya di artikel Tips Negosiasi Gaji Saat Wawancara Kerja.

Kenapa Menginginkan Pekerjaan ini?

Perusahaan menginginkan anda sebagai seorang yang berkomitmen tinggi dalam perusahaan. Untuk itu, tunjukkan bahwa anda mampu bekerja untuk menjadi bagian kesuksesan perusahaan. Untuk menanggapi pertanyaan seperti ini, usahakan mencari jawaban yang tak terlalu terkesan seolah-olah Anda bekerja hanya untuk mencukupi kebutuhan hidup saja.

Apakah Ada Pertanyaan?

Ini merupakan pertanyaan jebakan untuk anda dan seringkali si pelamar menjadi bingung untuk menjawabnya. Jangan gunakan kata  “tidak ada” untuk menjawab pertanyaan ini. Kesan buruk akan menimpa anda hingga anda di sangka kurang antusias terhadap pekerjaan yang anda lamar. Coba carilah pertanyaan seputar perusahaan, misalnya tanyakan tentang perkembangan perusahaan tersebut.

Tambahan tips untuk anda, sebisa mungkin jawablah semua pertanyaan pihak pewawancara dengan baik. Pancing pewawancara untuk selalu bertanya tentang diri Anda. Apabila pewawancara tidak antusias terhadap anda, bisa jadi anda tidak terlalu menarik baginya.

Pencarian Pertanyaan Yang Sering Muncul Saat Wawancara Kerja Dan Cara Menjawabnya



Artikel Pertanyaan Yang Sering Muncul Saat Wawancara Kerja Dan Cara Menjawabnya

loading...
Pertanyaan Yang Sering Muncul Saat Wawancara Kerja Dan Cara Menjawabnya | admin | 4.5