Penyebab Anemia

Penyebab anemia

Penyebab anemia

Penyebab anemia – Anemia adalah kondisi tubuh yang tidak memiliki gejala khas. Gejala anemia baru dirasakan pada stadium lanjut, padahal kekurangan zat besi sudah terjadi sejak stadium awal. Oleh sebab itu ini harus lebih diwaspadai. Anemia sebagai gejala satu penyakit dan biasanya menjadi awal atau indikator beberapa penyakit kronis seperti kanker atau thalasemia.

Anemia adalah keadaan yang menggambarkan hemoglobin atau sel darah merah kurang dari nilai normal yang pada perempuan dewasa mencapai 12, sementara pada pria 13,5. Keluhan yang sering timbul dari anemia adalah lemas, mudah lelah, mudah sakit, napas pendek, jantung berdebar, sulit konsentrasi, kulit dan mata pucat, rambut rontok, serta mulut dan kerongkongan kering.

Karena tidak memiliki gejala yang khas, pasien biasanya datang karena hasil medical check-up yang mengkhawatirkan akibat kondisi cadangan zat besi dalam tubuh sudah habis dan hemoglobin sudah sangat rendah. Para penderita anemia menganggap rambut beruban, keletihan dan lesu adalah hal biasa akibat bekerja. Gejala anemia bergantung pada penyakit penyerta atau penyebab.

Ada beberapa jenis penyebab anemia; pendarahan kronis, genetik, penyakit kronis atau keganasan, dan gangguan nutrisi akibat kekurangan zat besi. Kekurangan zat besi memang mayoritas penyebab anemia akibat dari konsumsi daging, sayuran hijau, serta kurangnya suplemen.

Pencarian Penyebab Anemia



Artikel Penyebab Anemia

loading...
Penyebab Anemia | admin | 4.5