Cara Membuat Kopi Luwak

cara membuat kopi luwak

cara membuat kopi luwak

Cara membuat kopi luwak – Luwak atau paradoxorus hermaproditus itu mengolah kopi dari hasil fermentasi dalam perutnya, memilih buah kopi matang di pohon, mengupas kulit buah terluar, lalu memakan biji yang masih diselimuti lendir. Biji itu akan keluar lagi saat luwak buang air besar. Biji kopi itu masih terbungkus kulit ari yang keras sehingga tak hancur dalam pencernaan luwak dan keluar utuh bersama kotoran.

Pemetik kopi mengumpulkan kotoran luwak itu, dicuci, dijemur, lalu dikupas dengan mesin pengupas sehingga dihasilkan biji kopi kering yang telah dikupas kulit tanduknya dan belum disangrai siap jual. Kemampuan luwak menyeleksi buah dengan tingkat kematangan pas jadi penentu citarasa kopi luwak. Di perkebunan, pekerja hanya menyeleksi kematangan kopi berdasarkan tampilan warna kulit buah yang merah tua. Sangat berbeda dengan luwak yang mampu menyeleksi kematangan buah dari aroma dan rasanya.

Cara membuat kopi luwak di pabrik, biji hasil seleksi pekerja perkebunan difermentasi dengan cara mendiamkan biji kopi dalam keadaan tertutup selama 36 jam. Sedangkan fermentasi pada kopi luwak terjadi pada saluran pencernaan luwak selama 10 jam.Riset Prof Massimo Marcone dari Universitas Guelph, Kanada, menyebutkan fermentasi pada pencernaan luwak meningkatkan kualitas kopi. Kandungan protein pembentuk rasa pahit pada kopi lebih rendah ketimbang kopi biasa karena perombakan melalui fermentasi lebih optimal. Komponen yang menguap pun berbeda antara kopi luwak dan kopi biasa. Terbukti aroma dan citarasa kopi luwak sangat khas.

Demikian artikel cara membuat kopi luwak ini, semoga bermanfaat.

 

Pencarian Cara Membuat Kopi Luwak



Artikel Cara Membuat Kopi Luwak

loading...
Cara Membuat Kopi Luwak | admin | 4.5