Cara Deteksi Dini Gejala Kanker Serviks

foto orang terkena kanker serviks

foto orang terkena kanker serviks

Deteksi Dini Gejala Kanker Serviks – Kanker serviks atau kanker mulut rahim merupakan kanker yang sangat berbahaya dan terjadi pada servik uterus, suatu daerah pada organ reproduksi wanita yang merupakan pintu masuk ke arah rahim yang terletak antara rahim (uterus) dengan liang senggama

Data WHO mengenai kanker serviks mencatat penyakit kanker serviks menempati peringkat teratas di antara berbagai jenis kanker penyebab kematian pada perempuan di dunia.Di Indonesia sendiri, setiap tahun terdeteksi lebih dari 15.000 kasus kanker serviks. Sekitar 8.000 kasus di antaranya berakhir dengan kematian,”

Kanker serviks ini merupakan penyakit yang telah diketahui penyebabnya dan telah diketahui perjalanan penyakitnya. Ditambah juga sudah ada metode deteksi dini kanker serviks dan adanya pencegahan dengan vaksinasi, seharusnya angka kejadian dan kematian akibat kanker servik dapat diturun. Banyaknya kasus kanker serviks di Indonesia disebabkan pengetahuan tentang kanker servik yang kurang sehingga kesadaran masyarakat untuk deteksi dini pun masih rendah.

Penyebab Kanker Serviks

Kanker serviks disebabkan oleh virus Human Papilloma Virus (HPV). Virus ini memiliki lebih dari 100 tipe, sebagian besar di antaranya tidak berbahaya dan akan lenyap dengan sendirinya. Jenis virus HPV yang menyebabkan kanker serviks dan paling fatal ialah virus HPV tipe 16 dan 18. Penularan virus HPV bisa terjadi melalui hubungan badan, terutama yang dilakukan dengan berganti-ganti pasangan. Penularan virus ini dapat terjadi baik dengan cara transmisi melalui organ genital ke organ genital, oral ke genital, maupun secara manual ke genital.

Deteksi dini gejala kanker serviks

Cara mencegah kanker serviks atau mulut rahim ini adalah dengan langkah deteksi dini. Deteksi dini bisa dilakukan dengan cara pap smear .Pap smear merupakan salah satu cara deteksi dini kanker leher rahim, test ini mendeteksi adanya perubahan-perubahan sel leher rahim yang abnormal, yaitu suatu pemeriksaan dengan mengambil cairan pada laher rahim dengan spatula kemudian dilakukan pemeriksaan dengan miroskop.

Pengobatan kanker serviks

Pemeriksaan dan Pengobatan kanker serviks di rumah sakit memerlukan biaya yang sangat tinggi . Beberapa Pengobatan kanker serviks atau kenker leher rahim meliputi pembedahan/pengangkatan rahim, radioterapi, kemoterapi, kolposkopi, dan biopsi.

Demikian artikel deteksi dini kanker serviks . Semoga menambah pengetahuan anda.

Pencarian Cara Deteksi Dini Gejala Kanker Serviks



Artikel Cara Deteksi Dini Gejala Kanker Serviks

loading...
Cara Deteksi Dini Gejala Kanker Serviks | admin | 4.5