Home » Kesehatan » Cara Menyapih Anak Dari ASI

Cara Menyapih Anak Dari ASI

cara menyapih anak

cara menyapih anak

Cara Menyapih Anak Dari ASI - Bagaimana cara menyapih anak ?Menyapih merupakan suatu proses berhentinya masa menyusui yang dilakukan secara bertahap. Setelah memberikan ASI secara eksklusif selama 6 bulan, bayi masih memerlukan ASI untuk perkembangan tubuhnya. Masa menyapih ini memiliki ikatan atau kedekatan emosional antara ibu dan anak yang tidak dapat dilepaskan.

Batasan menyapih setiap anak berbeda beda. Semua tergantung dengan kesiapan anak tersebut. Para ibu sering kali menyapihh anaknya kurang lebih 2 sampai 5 bulan saja. Badan WHO dan IDAI telah mengeluarkan kebijakan untuk memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan pertama kemudian dianjurkan untuk tetap diberikan berdampingan dengan makanan padat sampai usia 2 tahun atau lebih.

Cara menyapih anak yang benar

Cara menyapih anak dari ASI dapat dilakukan secara alami dan bertahap. Dengan penyapihan alami, ketergantungan anak terhadap ASI akan semakin berkurang. Penghentian ASI yang tepat adalah ketika kebutuhan anak semakin berkurang atau menghilang biasanya antara usia 9 bulan hingga 2 tahun. Saat usia menginjak 1 tahun ,bayi sudah bisa mengatasi alergi dari berbagai makanan dan dapat tumbuh dengan makanan penggantinya.

Berikut beberapa tips menyapih bayi yang dapat anda lakukan dirumah

  • Mulailah dengan mengurangi porsi menyusui. Satu kali setiap beberapa hari atau satu porsi tiap minggunya. Tawarkan beberapa makanan pendamping ASI dengan porsi kecil. Setelah itu anda dapat menyapih secara perlahan lahan
  • Hindari penyapihan saat anak kurang sehat . Hal ini akan membuat anak semakin tertekan dan tidak bahagia.
  • Alihkan perhatian anak , sibukkan anak dengan hal lain. Misalnya dengan bermain atau bernyanyi.
  • Hindari pemaksaan jika anak belum siap untuk menyapih. Anak yang menolak disapih akan menunjukan reaksi kesal atau marah dengan menangis, rewel, gelisah atau lebih banyak diam.
  • Tawarkan susu pengganti selain ASI saat bayi sudah benar-benar bisa lepas dari ASI.
  • Perkenalkan ujung dot dengan menyentuh bibir bayi secara perlahan
  • Pilihlah waktu untuk memperkenalkan botol ketika bayi agak lapar. Jangan mencoba botol ketika bayi pada keadaan sangat lapar karena dia cenderung menjadi marah dan frustrasi

Proses penyapihan yang baik berpengaruh terhadap tingkah laku anak yang akan membuat anak anda belajar lebih mandiri. Demikian berita cara menyapih anak dari ASI. Semoga  bermanfaat untuk anda.

Cara Menyapih Anak Dari ASI

Pencarian terkait Cara Menyapih Anak Dari ASI

Tags: , , , , , , , , , , , , ,