Cara Mengobati Kram Perut

Mengobati kram perut

Mengobati kram perut

Cara mengobati kram perut – Ciri-ciri kram perut adalah rasa nyeri dan kaku pada perut bisa tiba-tiba muncul saat beraktivitas. Kram perut bisa disebabkan oleh berbagai hal, yaitu bisa dari makanan, minuman, stres, bisa juga terjadi saat menstruasi. Tetapi jangan khawatir, kali ini kami akan memberikan cara mengobati kram perut. Mari kita simak.

Minum obat

Ada banyak obat atau jamu tradisional khusus datang bulan yang dijual di pasaran untuk membantu mencegah terjadinya nyeri haid. Anda bisa mencari obat yang manjur, tapi bila ragu, minta saja obat dari dokter.

Pertahankan berat badan

Sel lemak memproduksi estrogen (ekstra), jenis hormon yang jika kadarnya tidak seimbang bisa menyebabkan timbulnya kram perut.

Minum banyak air

Saat tubuh melimpah dengan banyak air, maka liver bekerja lebih baik, sehingga hormon estrogen juga tetap terjaga seimbang.

Jauhi kafein

Kafein yang biasanya ditemukan dalam minuman cola, kopi, dan teh bisa membuat kram perut terasa makin hebat.

Olahraga

Tak hanya selama menstruasi saja, namun setiap hari Anda selalu dianjurkan untuk berolahraga secara teratur. Selain mengurangi stres (karena stres membuat kram makin sakit), gerak tubuh juga bisa merangsang tubuh melepaskan hormon endorfin yang mampu meredakan sakit perut.

Yang hangat-hangat

Mungkin Anda sudah melakukan berbagai usaha untuk mencegah perut kram, namun bagaimanapun juga Anda tetap kesakitan. Saat hal ini terjadi, kompres punggung bawah dengan air hangat. Suhu hangat yang ada bisa merelakskan otot dan meringankan sakit yang dirasakan.

Khasiat sayuran

Sayuran berdaun hijau seperti bayam mengandung banyak magnesium yang merupakan ‘pelemas’ otot alami. Wanita yang terkena kram perut biasanya mengalami kekurangan magnesium jadi makanlah banyak sayur agar tak terlalu sakit.

Pentingnya serat

Hormon berlebih yang biasanya dihasilkan saat menstruasi biasanya dibuang melalui usus besar, namun jika mengendap di sana untuk waktu yang cukup lama, maka tubuh bisa menyerap ulang kelebihan hormon tersebut. Jadi, makan banyak serat bisa membantu agar pencernaan lancar, dan pembuangan hormon berlebih.

Puasa keripik

Karena ada banyak darah yang keluar, maka menyebabkan perut sering merasa lapar. Anda mungkin tergoda untuk ngemil keripik kesukaan, namun makanan tinggi garam seperti keripik ternyata hanya akan membuat sakit lebih parah.

Pencarian Cara Mengobati Kram Perut



Artikel Cara Mengobati Kram Perut

loading...
Cara Mengobati Kram Perut | admin | 4.5