Home » Info » Cara Mengatasi Banjir

Cara Mengatasi Banjir

Cara mengatasi banjir

Cara mengatasi banjir

Cara mengatasi banjir – Cara mengatasi banjir di Jakarta, Setiap tahun warga Jakarta bersiap-siap menghadapi banjir yang kerap kali mengunjungi kota Jakarta dan mengakibatkan berbagai kerugian. Jakarta merupakan kota yang sangat padat dan masih menjadi daya tarik semua penduduk dari daerah untuk mengadu nasib di Ibukota ini. Sayangnya bila Banjir datang, semua warga akan mengalami ketidaknyamanan seperti kemacetan lalulintas hingga berjam-jam karena genangan air banjir dijalan, sebagian warga yang tinggal dititik-titik banjir harus bekerja keras menyelamatkan perabotan rumah tangga ke tempat yang lebih tinggi, membersihkan rumah sehabis banjir dan tak jarang yang mengalami sakit akibat tamu tak diundang ini. Ada pula korban jiwa yang jatuh akibat banjir. Berikut ini kami akan menyajikan cara mengatasi banjir, mari kita simak

Memfungsikan sungai dan selokan air sesuai funginya

Fungsi sungai dan selokan adalah tempat aliran air, jangan sampai berubah fungsi menjadi tempat sampah.  Hal ini juga berarti  membersihkan drainase dibawah bagunan dan jalan raya.

Larangan membuat pemukiman dekat sungai

Banyak warga jakarta membangun pemukimannya di pinggiran sungai karena sudah tidak ada lahan lagi.  Keberadaan mereka terkadang tidak memberikan peningkatan perekonomian. Inilah alasan bagaimana pemerintah harus membuat larangan untuk tidak membangun pemukiman di dekat sungai dan melarang orang-orang yang tanpa tujuan tidak jelas datang ke Jakarta dalam jangka waktu yang lama.

Menanam pohon

Sebagai warga Negara yang baik, pasti ingin Jakarta hijau dan langit Jakarta yang biru. Hal ini dapat terwujud apabila semua warga menanam pohon dipekarangan rumah dan kantor masing-masing. Semua lahan yang ada, ditata dan ditanami pohon dengan baik. Dan hasilnya Jakarta akan nampak lebih asri karena pohon adalah peneralisasi polusi udara di siang hari dan sebagai pengikat air di saat hujan melalui akar-akarnya.

Penanganan sampah yang baik

Selain membuang sampah pada tempatnya, maka dapat dilakukan juga pemilahan antara sampah organik dan non organik. Sampah organik dari rumah tangga dapat dimanfaatkan untuk pupuk organik, langsung dapat ditaruh di pot-pot tanaman dan cepat teruarai. Sedangkan sampah non organik dapat dikumpulkan dan dimusnahkan secara bersamaan untuk mengurangi polusi udara dan tanah.

Itulah beberapa cara mengatasi banjir yang harus kita lakukan agar tahun depan intensitas banjir menurun.

Cara Mengatasi Banjir

Pencarian terkait Cara Mengatasi Banjir

Tags: , , , , , , , , , , , , ,