Cara Mencegah Keputihan

Cara mencegah keputihan

Cara mencegah keputihan

Cara mencegah keputihan – Penyakit yang satu ini mungkin tidak asing lagi di kalangan wanita. Penyebab keputihan karena sering memakai tissue saat membasuh vagiina sehabis buang air kecil maupun buang air besar, memakai pakaian dalam yang ketat dari bahan sintetis, sering menggunakan WC umum yang kotor, tidak mengganti panty liner, membilas vagiina dari arah yang salah, yaitu dari ke arah anus ke arah depan vagiina, sering bertukar celana dalam atau handuk dengan orang lain, terlalu lelah, stress dan lainnya.

Penyebab keputihan

  • Jamur Candidas atau Monilia

Warnanya putih susu, kental, berbau agak keras, disertai rasa gatal pada vagiina. Akibatnya, mulut vagiina menjadi kemerahan dan meradang. Biasanya, kehamilan, penyakit kencing manis, pemakaian pil KB, dan rendahnya daya tahan tubuh menjadi pemicu. Bayi yang baru lahir juga bisa tertular keputihan akibat Candida karena saat persalinan tanpa sengaja menelan cairan ibunya yang menderita penyakit tersebut.

  • Parasit Trichomonas Vagiinalis

Ditularkan lewat hubungan Seks, perlengkapan mandi, atau bibir kloset. Cairan keputihan sangat kental, berbuih, berwarna kuning atau kehijauan dengan bau anyir. Keputihan karena parasit tidak menyebabkan gatal, tapi liang vagiina nyeri bila ditekan.

  • Bakteri Gardnella

Infeksi ini menyebabkan rasa gatal dan mengganggu. Warna cairan keabuan, berair, berbuih, dan berbau amis. Beberapa jenis bakteri lain juga memicu munculnya penyakit kelamin seperti sifilis dan gonorrhoea.

  • Virus

Keputihan akibat infeksi virus juga sering ditimbulkan penyakit kelamin, seperti condyloma, herpes, HIV/AIDS. Condyloma ditAndai tumbuhnya kutil-kutil yang sangat banyak disertai cairan berbau. Ini sering pula menjangkiti Wanita hamil. Sedang virus herpes ditularkan lewat hubungan badan. Bentuknya seperti luka melepuh, terdapat di sekeliling liang vagiina, mengeluarkan cairan gatal, dan terasa panas. Gejala keputihan akibat virus juga bisa menjadi faktor pemicu kanker rahim.

Cara mencegah keputihan

Keputihan dapat di cegah dengan cara menjaga daerah kewanitaan dalam keadaan bersih dan tidak lembab dengan menggunakan pakaian dalam yang cukup menyerap keringat atau terbuat dari jenis kain katun. Cairan pembasuh vagiina harus dilakukan secara bijaksana penggunaannya dengan mengetahui suatu prinsip bahwa lingkungan vagiina bersifat asam yang juga merupakan lingkungan normal bagi flora normal (mikroorganisme yang dalam jumlah normal tidak menyebabkan penyakit) di vagiina. Adanya perubahan lingkungan normal tersebut, misalnya dengan penggunaan cairan pembilas vagiina yang bersifat basa atau alkali (mengandung sabun) dapat memicu pertumbuhan kuman secara abnormal yang salah satu akibatnya adalah keputihan.

Semoga artikel cara mencegah keputihan bermanfaat untuk Anda.

Pencarian Cara Mencegah Keputihan



Artikel Cara Mencegah Keputihan

loading...
Cara Mencegah Keputihan | admin | 4.5