Home » Kesehatan » Cairan Keluar Dari Puting

Cairan Keluar Dari Puting

keluar cairan dari payudara

keluar cairan dari payudara

Waspada Cairan Keluar Dari Puting – Seringkali para wanita mengalami gangguan pada payudara seperti nipple discharge atau suatu kondisi dimana terdapat cairan yang keluar dari puting susu. Secara spontan cairan ini dikeluarkan lebih mirip cairan susu yang jernih.

Penyebab

  • Abses payudara (paling sering ditemukan pada wanita menyusui)
  • Cedera pada payudara
  • Obat-obatan (misalnya simetidin, metildopa, metoklopramid, pil KB, fenotiazin, reserpin, antidepresi trisiklik atau verapamil)
  • Prolaktioma (tumor di dalam otak yang menghasilkan prolaktin).
  • Prolaktin adalah hormon yang dihasilkan oleh kelenjar hipofisa, yang memicu pertumbuhan kelenjar susu dan pembentukan air susu.
  • Papiloma intraduktal (tumor jinak yang tumbuh di dalam saluran payudara)
  • Ektasia duktus (pelebaran dan pengerasan saluran payudara akibat penuaan dan kerusakan).

Cairan keluar dari puting susu bermacam – macam ada yang cairan jernih, seperti susu, kuning atau hijau,bukanlah merupakan pertanda dari kanker payudara. Namun jika cairan tersebut berupa darah harus diwaspadai.  Jika cairannya mengandung darah atau encer (serosa) penyebabnya adalah papiloma atau infeksi. Cairan pada puting juga terkadang adalah hal normal. Biasanya merupakan efek samping dari pengobatan psikotropika jangka panjang atau ada saluran di payudara yang melebar

Beberapa hal yang harus diwaspadai adalah

Jika cairan berwarna kemerahan atau encer disertai warna merah, pink atau coklat, Lengket dan warnanya bening atau berwarna coklat sampai hitam (mengkilat), Keluar secara spontan tanpa harus memijat puting susu, Sifatnya menetap, Hanya keluar dari salah satu puting susu (unilateral), Cairan selain air susu

Gejala

Cairan yang seperti susu (keruh, berwarna keputihan, encer dan tidak lengket) adalah jenis cairan yang paling sering ditemukan dan kebanyakan disebabkan oleh laktasi (pembentukan air susu) atau menigkatnya mekanisme perangsangan puting susu akibat sentuhan, pengisapan atau iritasi pakaian selama melakukan olah raga atau aktivitas lainnya.

Diagnosa

Pemeriksaan medis yang harus dilakukan adalah  Biopsi payudara (jika ditemukan benjolan), Sitologi cairan, CT scan kepala (untuk mencari tumor hipofisa), Mammografi, Kadar prolaktin serum, , TransilluminationUSG payudara, Galaktogram atau duktogram (untuk membantu menemukan papiloma intraduktal).

Jika mengalami hal diatas sangat dianjurkan untuk menghubungi dokter . Demikianlah sedikit informasi mengenai gangguan payudara . Semoga dengan adanya artikel diatas anda dapat mengetahui beberapa kelainan pada payudara.

Cairan Keluar Dari Puting

Pencarian terkait Cairan Keluar Dari Puting

Tags: , ,